MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT BREBES DAN SEKITARNYA YANG BERMUTU, MEMUASKAN DAN MANDIRI
Humas RSUD Brebes 22 Oktober 2016

PELAYANAN REHABILITASI MEDIK TERDIRI DARI :

1. FISIOTERAPI ; adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, melihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan    menggunakkan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapis, dan mekanis) pelatihan fungsi dan komunikasi.

2. TERAPI WICARA : bentuk pelayanan kesehatan untuk memulihkan dan mengupayakan kompensasi/adaptasi fungsi komunikasi, bicara dan menelan dengan melalui pelatihan remediasi, stimulasi dan fasilitasi. Sebagai contoh : pasien stroke dengan gangguan artikulasi/pelo, akan dilatih meningkatkan kekuatan dan koordinasi otot-otot lidah agar dapat bicara dengan lancar.

3. OKUPASI TERAPI :  pelayanan kesehatan untuk mengembangkan, memelihara, memulihkan fungsi dan atau mengupayakan kompensasi/adaptasi untuk aktifitas sehari-hari, produktifitas, dan waktu luang melalui remediasi, stimulasi dan fasilitasi. Sebagai contoh : pasien dengan diagnosis rematoid artritis dengan gangguan dalam melakukan aktifitas sehari-hari, akan dilatih cara menggunakan peralatan sehari-hari, serta menggunakan alat bantu yang tidak membebani sendi. Tujuan dari program okupasi terapi ini, agar pasien dengan kondisi disabilitas tetap dapat mandiri.

4. ORTOTIS PROSTETIS : Pelayanan Ortotis-Prostetis merupakan pelayanan kesehatan terhadap pasien/klien sebagai individu dalam pemasangan alat bantu ortosa maupun protesa dalam mengembalikan fungsi anggota gerak maupun yang kehilangan anggota gerak yang dilakukan oleh Ortotis-Prostetis.

 

PERALATAN DAN TEKNIK

  • Penyinaran Infra Red (IR)
  • Rangsang elektrik untuk memperkuat atau mengendorkan otot-otot
  • Pemberian energi elektromagnetik (SWD)
  • Pemakaian terpai dingin (cryotherapy)
  • Traksi (Penarikan Tulang)
  • Latihan-latihan Khusus dan tertentu

 

Jadwal Senin s/d Sabtu jam 08.00 wib

PENANGGUNG JAWAB : dr. ARIFIANA RESTUTI HANDAYANI, Sp.KFR