MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT BREBES DAN SEKITARNYA YANG BERMUTU, MEMUASKAN DAN MANDIRI
Kholil Ahmad 10 Februari 2015

Hemodialisa adalah tindakan yang dilakukan untuk membantu beberapa fungsi ginjal yang terganggu atau rusak saat ginjal tidak lagi mampu melaksanakannya. Hemodialisa membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit pada tubuh, juga membantu mengekskresikan zat-zat sisa atau buangan. 

Saat ini dengan teknologi medis yang semakin berkembang, pemenuhan kebutuhan dan pemahaman yang lebih baik tentang gagal ginjal dan proses dialisa, pasien dapat menjalani gaya hidup yang sehat. Pasien dalam keseharian dapat menjalani aktivitas secara normal dengan pengobatan hemodialisa secara rutin dan teratur. Perlakuan hemodialisa pada pasien dengan gagal ginjal secara ideal sebaiknya dilakukan 2 atau 3 sesi seminggu dengan tiap sesi berlangsung selama kurang lebih 4 jam. 

Saat ini pasien hemodialisa dapat melakukan perjalanan jauh, mereka dapat menyesuaikan sesi hemodialisa mereka untuk dilakukan di tempat lain sesuai dengan jadwal dan tempat tujuan mereka. Dengan peran serta dokter, maka gaya hidup pasien hemodialisa saat ini memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan jauh termasuk ke luar negeri. 

Dokter Spesialis Penanggung Jawab : dr. SUSILO SETIAJI, Sp.PD