MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT BREBES DAN SEKITARNYA YANG BERMUTU, MEMUASKAN DAN MANDIRI
Ns. Edy Raharja, S.Kep 3 Oktober 2016

RSUD Brebes. Infeksi Rumah Sakit (IRS) merupakan infeksi yang didapat atau timbul pada pasien selama perawatan di Rumah Sakit atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan lainnya yang tidak ditemukan dan tidak dalam masa inkubasi saat pasien masuk Rumah Sakit. IRS atau HAIs (Healthcare Associated Infections) menjadi persoalan serius yang dapat menyebabkan baik secara langsung atau tidak langsung kecacatan bahkan kematian pasien. Sehubungan dengan besarnya masalah akibat dari Kejadian HAIs, RSUD Brebes telah membentuk Komite khusus yang bergerak dalam hal Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit yaitu Komite PPI-RS (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit)

Satu hal yang perlu disadari bersama bahwa kualitas pencegahan dan pengendalian infeksi di Rumah Sakit yang rendah, berdampak pada rendahnya Mutu Pelayanan. Demi menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan, Rumah Sakit harus mempunyai suatu ukuran untuk menjamin mutu pelayanan disemua tingkatan.

 

Upaya mencegah terjadinya Infeksi Rumah Sakit diantaranya adalah mengelola dan memproses alat serta peralatan yang digunakan untuk pasien agar selalu dalam keadaan suci hama (Steril)

PPI-RS bekerja sama dengan PT Global Dispo Medika sebagai penyedia produk Enzymatic Cleaner, telah mengadakan Transfer Knowledge PPI tentang “Pemrosesan Peralatan Medis Pasien dan Aplikasi Produk” yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2016, bertempat di Aula RSUD Brebes dan diikuti oleh semua Kepala Ruang, CSSD, Anggota TIM PPI, Bidang Keperawatan dan Penunjang.

Dalam sambutannya dr. Khaerudin Bakhri, M.HKes yang mewakili Direktur RSUD Brebes mengatakan bahwa masyarakat pengguna jasa layanan Kesehatan kedepan akan semakin kritis dalam menyikapi layanan kesehatan yang diterimanya. Kejadian Infeksi Rumah Sakit merupakan momok bersama yang harus di cegah dan dihindari, karena bisa berakibat bertambahnya masa hari rawat pasien, meningkatnya angka kesakitan, kecacatan bahkan kematian, bukan cuma pasien yang dirugikan bahkan Rumah Sakit sebagai penyedia jasa layananpun turun citranya dampak tuntutan hukum yang rumit akibat ketidakpuasan pelanggan. Dan salah satu upaya mencegah Kejadian Infeksi Rumah Sakit adalah menjaga sterilitas peralatan medis yang digunakan untuk pasien.

Disampaikan oleh Ns. Edy Raharja, S.Kep (Narasumber dari PPI-RSUD Brebes) tentang tujuan Pemrosesan alat adalah memutus mata rantai penularan infeksi dari peralatan medis kepada pasien, petugas kesehatan, pengunjung dan lingkungan rumah sakit dengan melalui tahapan Dekontaminasi yaitu Pre Cleaning (Perendaman), Pembersihan, Disinfeksi serta Sterilisasi.

Harapan yang ingin dicapai dari acara tersebut adalah agar terciptanya pola pikir dan persepsi yang sama kepada semua petugas tentang cara mengkondisikan peralatan medis yang akan digunakan agar bebas dari kuman dan pada akhirnya bisa menekan serta mencegah kejadian Infeksi Rumah Sakit. (ipcn2016)