RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BREBES
MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT BREBES DAN SEKITARNYA YANG BERMUTU, MEMUASKAN DAN MANDIRI
Amalia 18 Maret 2016

BREBES-Sebagai Rumah Sakit pemerintah, RSUD Kabupaten Brebes harus menjaga dan meningkatkan kualitas jasa dan pelayanan agar tetap survive di tengah - tengah rumah sakit swasta yang memiliki mutu pelayanan yang optimal.

 

 

 

RSUD Kabupaten Brebes sangat dibutuhkan oleh masyarakat ditandai dengan adanya peningkatan jumlah kunjungan pasien. Akan tetapi disisi lain ketersediaan sumber daya manusia dan fasilitas harus dikelola dengan sistem managemen kontemperor dengan kapasitas kualitas pelayanan yang baik. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.03.05/I/2231/12 tanggal 10 September 2012, RSUD Kabupaten Brebes telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Umum kelas B. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayananan rumah sakit dan pengelolaan mutu manajemen yang lebih optimal, maka rumah sakit perlu menerapkan standar pelayanan medis. Pada tanggal 1- 4 Maret 2016 dilaksanakan Bimbingan Akreditasi di Rumah Sakit Versi 2012, bimbingan akreditasi tersebut meliputi 15 bidang pelayanan dengan jumlah peserta 226 orang.

15 Bidang Pelayanan tersebut teridiri dari :

  1. Akses Pelayanan dan Kontuinitas Pelayanan (APK)
  2. Hak Pasien dan Keluarga (HPK)
  3. Asessmen Pasien (AP)
  4. Pelayanan Pasien
  5. Pelayanan Anestesi dan Bedah
  6. Manajemen dan Penggunaan Obat (MPO)
  7. Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK)
  8. Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)
  9. Penceghan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
  10. Tata Kelola Kepemimpinan dan Pengarahan (TKP)
  11. Manajemen Fasilitas dan Keselamtan (MFK)
  12. Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS)
  13. Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI)
  14. Sasaran Keselamatan Pasien (SKP)
  15. Milenium Development Goals (MDGs)