MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT BREBES DAN SEKITARNYA YANG BERMUTU, MEMUASKAN DAN MANDIRI

Article

Daftar Artikel

SOSIALISASI PROGRAM JAMINAN SOSIAL BPJS KETENAGAKERJAAN

RSUD BREBES --- Dalam rangka melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja beserta keluarga, RSUD Brebes mengadakan acara sosialisasi Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan. Acara tersebut dilaksanakan di Aula RSUD Brebes diwakili pejabat struktural yang menugaskan 2 (dua) orang tenaga BLUD. (Kamis, 08/08/16)

 

 

 

 

 

 

 Silahkan klikdisini untuk penjelasan lebih lanjut

 

..... Selengkapnya

Ayoo Budayakan Cuci Tangan

Di sadari atau tidak Rumah Sakit merupakan supermarket kuman patogen / penyakit. Sebagian besar kuman ditularkan melalui tangan (baik petugas, pasien atau para pengunjung). Oleh karena itu kenapa saat ini kita selalu di ingatkan tentang pentingnya kebersihan tangan melalui Leaflet, Poster, Gambar di tiap sudut Rumah Sakit? Semuanya dilakukan dengan tujuan memutus mata rantai penularan penyakit (Infeksi Rumah sakit) lewat transmisi tangan. Proses penularan penyakit bisa antar pasien, petugas-pasien atau pengunjung-pasien dan begitu sebaliknya. Bagi orang yang bekerja di tempat pelayanan kesehatan, tentunya resiko kontak dengan penyakit sangatlah besar.

silahkan untuk selengkapnya klik disini

..... Selengkapnya

PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI DI RUMAH SAKIT

Health-care Associated Infections (HAIs)” merupakan komplikasi yang paling sering terjadi di pelayanan kesehatan. HAIs selama ini dikenal sebagai Infeksi Nosokomial atau disebut juga sebagai Infeksi di rumah sakit ”Hospital-Acquired Infections” merupakan persoalan serius karena dapat menjadi penyebab langsung maupun tidak langsung kematian pasien. Kalaupun tak berakibat kematian, pasien dirawat lebih lama sehingga pasien harus membayar biaya rumah sakit yang lebih banyak.

HAIs adalah penyakit infeksi yang pertama muncul (penyakit infeksi yang tidak berasal dari pasien itu sendiri) dalam waktu antara 48 jam dan empat hari setelah pasien masuk rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan lainnya, atau dalam waktu 30 hari setelah pasien keluar dari rumah sakit. Dalam hal ini termasuk infeksi yang didapat dari rumah sakit tetapi muncul setelah pulang dan infeksi akibat kerja terhadap pekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Angka kejadian terus meningkat mencapai sekitar 9% (variasi3-21%) atau lebih dari 1,4 juta pasien rawat inap di rumah sakit seluruh dunia.Kondisi  ini menunjukkan penurunan mutu pelayanan kesehatan. Tak dipungkiri lagi untuk masa yang akan datang dapat timbul tuntutan hukum bagi sarana pelayanan kesehatan, sehingga kejadian infeksi di pelayanan kesehatan harus menjadi perhatian bagi Rumah Sakit.

Untuk Lebih lengkapnya klik disini

..... Selengkapnya

Persyaratan dan Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online 2015

Sebagai pemberitahuan bahwa cara pendaftaran BPJS untuk tahun 2015 ini berbeda dengan tahun 2014, jika pada 2014 kemaren boleh daftar perorangan (dalam 1 keluarga 1 orang saja) tetapi tahun 2015 ini harus seluruh keluarga.

* Kelas 1 iuran per orang per bulan Rp59.500;
* Kelas 2 iuran per orang per bulan Rp42.500;
* Kelas 3 iuran per orang per bulan Rp25.500;

..... Selengkapnya

Pembalut yang Beredar Sesuai Syarat Kesehatan

Hasil sampling tahun 2012 sampai pertengahan 2015 terhadap pembalut wanita yang beredar di pasaran tidak menemukan pembalut yang melanggar persyaratan. Terhadap produk-produk tersebut dilakukan uji kesesuaian terus menerus secara berkala selama produk tersebut beredar. Ini dilakukan dalam rangka post market surveillance melalui sampling dan pengujian ulang.

..... Selengkapnya

Seluruh Tenaga Kesehatan PTT Diangkat Menjadi PNS di Tahun 2016

Pada Tahun 2016 Pemerintah akan mengangkat seluruh tenaga kesehatan PTT, sebanyak 49.443 orang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka terdiri dari: (1) dokter PTT 1.984 orang, (2) dokter gigi PTT sebanyak 904 orang, (3) Bidan PTT sebanyak 42.245 orang(4) serta Tenaga Tim Nusantara Sehat sebanyak 4.310 orang.

..... Selengkapnya

HINDARI DAN WASPADAI GEJALA MERS COVC

MERS CoV adalah singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus. Keberadaan virus ini pertama kali dilaporkan pada bulan September 2012 di Arab Saudi. Virus ini merupakan jenis baru dari kelompok Corona virus (Novel Corona Virus) namun  berbeda dengan  virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) pada tahun 2003. Gejala apabila terserang Virus Mers CoV adalah demam, batuk dan sesak nafas, bersifat akut, biasanya pasien memiliki penyakit ko-morbid/penyerta dan memiliki inkubasi 2-14 hari.

..... Selengkapnya

BERPUASA BAGI PASIEN HIPERTENSI

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan waktu untuk menambah pahala, lalu bagaimana dengan puasa bagi pasien yang menderita hipertensi? Berikut beberapa hal yang perlu diketahui bagi para penderita hipertensi agar tetap dapat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini.

..... Selengkapnya

Cuci Tangan dengan Sabun Versus Hand Sanitizer

Baru-baru ini muncul tren penggunaan cairan berbahan dasar alkohol (hand sanitizer) untuk membersihkan tangan. Ukurannya yang kecil, dengan wewangian yang memikat, bahkan dalam berbagai kemasan yang menarik, jelas membuatnya mendapat tempat di hati masyarakat. Dalam sekejap, hampir semua orang menggunakannya. Pertanyaannya, apakah kebiasaan ini benar-benar bisa menggantikan cuci tangan dengan sabun? ..... Selengkapnya